Skip to main content

Apa Itu Spam ? Inilah Pengertian, Tujuan, dan Contoh Spam



Pengertian Spam

Spam adalah pesan yang dikirim secara beruntun dan bertubi-tubi namun tidak dikehendaki oleh sang penerima pesan. Bentuk spam ada bermacam-macam, seperti spam e-mail, spam sms, dan spam blog. Pelaku pengiriman spam biasanya disebut spammer dan tindakannya disebut spamming. Tindakan ini sangat membuat orang tidak nyaman dan terganggu.

Contoh Spam
Salah satu contoh spam adalah mengirim pesan secara beruntun / berulang kali melalui aplikasi chatting kepada teman atau orang tidak dikenal , baik pesan yang terbaca, tidak terbaca, berarti, maupun tidak berarti. Misalnya, mengirim sticker senyum secara beruntun kepada teman kita.

Baca Juga : Cara Clear Cache,Cookie, History Browser (Chrome,Firefox,Opera,Safari)


Tujuan Spam

Promosi atau Komersial

Salah satu bentuk spam yang sering dijumpai adalah spam dengan tujuan promosi atau komersial. Biasanya spam ini berupa iklan produk barang atau jasa dan bertujuan untuk meningkatkan omset penjualan atau pengguna jasa.

Penipuan
Modus spam yang kedua adalah untuk menipu orang. Biasanya spammer mengirim pesan kepada banyak penerima sekaligus yang berisi menang undian dengan nominal yang besar dan cukup menggiurkan, padahal hal tersebut hanyalah bohong belaka untuk memancing penerima pesan agar tergiur melakukan transfer dana ke penipu.

Iseng
Tujuan yang terakhir hanyalah iseng belaka dan tidak ada maksud merusak ataupun keuntungan. Biasanya dilakukan antar teman atau orang yang dikenal dan untuk sekedar bercanda saja. Misalnya, mengirim pesan sticker senyum secara bertubi-tubi / chat melalui aplikasi whatsapp / LINE / Facebook Messenger.

Cara Mencegah Spam

Jangan Gunakan Email Utama
Buatlah 2 atau lebih email di beberapa provider email dan gunakanlah salah satunya sebagai email utama, sehingga jika ingin berlangganan newsletter bisa menggunakan email yang lainnya. Misalnya, anda bisa membuat email outlook, gmail, dan yahoo mail dan menggunakan gmail sebagai email utama (bisnis, edukasi, pekerjaan) dan outlook serta yahoo sebagai email sampingan untuk hobi atau hal lainnya yang tidak terlalu penting.

Jangan Pasang Nomor Telepon Pribadi di Website / Sosial Media
Jangan pernah memasang nomor telepon pribadi di website. Jika memang diperlukan, milikilah 2 nomor handphone , yaitu untuk pekerjaan atau bisnis dan untuk pribadi, sehingga apabila terkena spam hanya nomor yang untuk bisnis saja.

Install Antivirus
Spam datang tidak hanya dari e-mail atau aplikasi chatting saja, tetapi juga bisa melalui virus atau malware lainnya. Untuk itu, amankan komputer anda dengan cara memasang antivirus yang sudah ternama. Hindari pemasangan antivirus yang namanya tidak jelas atau tidak terkenal karena bisa saja itu hanyalah malware atau program jahat yang mengaku sebagai antivirus.

Baca Juga : 4 Aplikasi Antivirus Gratis Terbaik Untuk PC dan Android

Cara Mengatasi Spam

Blokir
Jika sudah terlanjur terkena spam secara beruntun, blokirlah akun yang melakukan spamming tersebut sehingga pesannya tidak akan kita terima lagi. Biasanya cara ini sudah cukup efektif dan ampuh untuk mengatasi spam.

Ganti Akun
Bila banyak spam yang masuk dan akun tidak sering digunakan atau tidak ada data yang penting, maka lebih baik tutup akun dan buat akun baru. Dengan akun baru, seharusnya tidak ada spam yang akan masuk karena baru dibuat.

Comments

Popular posts from this blog

Guide / Cara Mengalahkan Boss Level di Suikoden 2 PS1 (PSX)

Di game Suikoden 2 ini terdapat berbagai macam boss di beberapa area dalam game. Tentu saja untuk mengalahkan boss level tidaklah semudah mengalahkan semua musuh yang ada di area tersebut karena pastinya boss level memiliki level dan atribut yang lebih tinggi sehingga lebih kuat dan tangguh. Berikut Tutorial untuk mengalahkan semua boss level terkuat di game Suikoden 2 PSX (PS1). Mist Shade  Rekomendasi Level Semua Hero : 8-11 Setelah kabur dari Mercenary Fortress, Riou dan Jowy memutuskan untuk kembali ke kota Kyaro melalui North Sparrow Pass, namun mereka mendengar kabar adanya Mist Monster di North Sparrow Pass. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk membentuk tim dengan lebih banyak orang untuk melewati North Sparrow Pass sehingga ketika Mist Monster muncul, mereka dapat mengalahkannya. Akhirnya, Riou dan Jowy membantu rombongan Sirkus yang beranggotakan Bolgan, Eilie, dan Rina. Pada akhirnya mereka bergabung dengan Riou dan Jowy untuk melewati North Sparrow Pass. Di u

8 Daftar Nama Kota di Ragnarok Mobile Eternal Love

1. Prontera Prontera adalah kota pertama yang akan dijumpai oleh para player Ragnarok Mobile Eternal Love. Kota ini adalah kota terbesar dengan NPC terbanyak dibanding kota lainnya pada saat ini. Banyak hal yang dapat dilakukan di kota ini, seperti mengambil daily quest (time rift, monster hunter,mission board), refine dan enchant equipment,craft headwear, belajar skill adventurer, menyewa peco-peco, ubah job, dan sebagainya. Batas Kota Prontera Utara : Prontera North Gate Selatan : Prontera South Gate Timur : Sunken Ship Barat : Prontera West Gate Level : 1-99 2. Izlude Izlude sebenarnya masih bagian dari wilayah Prontera. Di kota ini NPC tidak sebanyak Prontera, namun ada beberapa NPC yang hanya ada di kota ini, contohnya adalah NPC untuk teleport ke Byalan Island (Pintu masuk underwater cave dan underwater temple), World Teleporter (untuk teleport antar channel atau server). 3. Geffen Melalui kota ini, kita dapat pergi ke goblin forest, kordt forest, ataupun orc vi

25 Monster Boss MVP Terkuat di Ragnarok M : Eternal Love

Di game Ragnarok M : Eternal Love terdapat 25 monster boss yang tersebar di map yang berbeda dengan level dan kekuatan yang berbeda-beda juga. Tentu saja item yang drop dari boss tersebut adalah item yang tidak mudah didapatkan sehingga para player akan selalu berusaha memburu para boss MVP tersebut. Namun, meskipun para player ingin berburu boss level, tidak semuanya kuat dan mampu untuk mengalahkan monster-monster tersebut karena damage dari monster tersebut sangat sakit dibanding monster-monster lain yang memiliki level yang sama dengannya. Untuk menampilkan monster-monster tersebut dapat melalui menu lainnya atau more, lalu pilih MVP. 1. Angeling Angeling memiliki penampilan mirip Poring namun memiliki sayap dan juga lingkaran di atas kepalanya. Ia berada di South Prontera. Untuk mencari dan mengalahkan Angeling, jangan lupa untuk membuat party sehingga mencari dan mengalahkannya menjadi lebih mudah. Meskipun hanya level 25, namun jangan coba-coba melawannya sendirian terutama d